Senin, 30 November 2009

PERKANTORAN MAYA (VIRTUAL OFFICE)

DEFINISI PERKANTORAN MAYA
Perkantoran maya (Virtual Office) adalah kombinasi dari situs alamat komunikasi dan layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengurangi biaya kantor tradisional dengan tetap menjaga profesionalisme bisnis. Istilah ini sering disamakan dengan "kantor pusat bisnis" atau "eksekutif suite" yang menuntut konvensional sedangkan sewa kantor virtual yang sejati tidak mengharuskan pengeluaran. Pada kantor maya pekerjaan kantor dapat dilakukan pada lokasi geografis manapun selama tempat kerja tersebut terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik.

GAGASAN ADANYA PERKANTORAN MAYA

Gagasan adanya perkantoran maya datang dari inovasi teknologi konvergensi dan Era Informasi. Konsep telah berakar pada Revolusi Industri, di mana paralel dengan gaya kerja saat ini, secara khusus bekerja dari rumah, telah ditarik. Istilah ini pertama kali digunakan pada 1983 maskapai penerbangan di artikel majalah tentang komputasi portable. Konsep kantor virtual adalah suatu evolusi dari beberapa eksekutif industri. Namun, kaku beberapa eksekutif sewa tidak bekerja untuk banyak model bisnis dan membantu memacu konsep kantor virtual. Aplikasi komersial pertama dari kantor virtual terjadi pada tahun 1994, ketika Ralph Gregory mendirikan "Kantor Virtual, Inc", di Boulder, Colorado.
Kantor Maya muncul karena perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat dan ukurannya semakin kecil. Pemanfaatan sarana komunikasi dan jaringan internet untuk melakukan hal-hal yang sifatnya teleprocessing (ATM, e-commerce) tumbuh pesat. Hal-hal tadi didukung mahalnya sewa lahan di kota-kota besar mendorong tumbuhnya Kantor Maya, sehingga orang tidak lagi harus datang dan bekerja dalam kantor secara fisik, kegiatan kantor dapat dilakukan di manapun.

CARA MEMBUAT PERKANTORAN MAYA

Cara membuat virtual office atau perkantoran maya yaitu dengan:
1. Masuk ke http://www.kampusok.com dan klik Virtual Office
2. Login dengan Username dan Password KMail anda
3. Setelah UserName dan Password benar maka masuk ke menu Virtual Office.
4. Untuk Membuat Folder Baru Klik New > Folder
5. Klik New Folder untuk mengganti nama folder setelah itu tekan Enter
6. Jika Anda ingin mengorganisasikan file dalam folder tertentu Klik Ceklis file yang ingin dipindahkan > Folder Tujuan > Move to Folder
7. Untuk Mengupload File klik menu UpLoad di sebelah menu New setelah itu klik Browse > Upload File
8. Jika UpLoad berhasil maka tampil isi file, jika masi ada perubahan File silahkan rubah setelah itu klik tombol Save & Close untuk menutup editor
9. Untuk Berbagi File Beri CekList file yang ingin digunakan bersama-sama, setelah itu to kotak To masukan alamat Email yang dari KMail.
10. Pilih As Collaboratos bilang ingin tujuan bisa merubah/menambah atau meng-hapus file dan pilih As Viewers jika ingin tujuan hanya melihat tidak bisa merubah/ menambah atau menghapus.
11. Setelah itu isikan Subject dan Pesan Singkat File setelah itu Klik Send Invitations. jika berhasil lihatlah tujuan dan sumber file
12. Klik nama file yang diinginkan jika ingin merubah/menghapus dan menambahkan isi file
13. Jika ingin mendiskusikan file yang sedang sesuatu klik menu DisCuss yang berada di sebalah kanan.
14. Untuk DownLoad File CekList File lalu dari Menu Virtual Office Klik More Actions > Save As… pilih type penyimpanan sesuai kebutuhan.

SUMBER
1. http://sitialiyah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/8930/Minggu+13.ppt
2. Raymond Mc Leod, Management Informastion System, a Study of Computer-Based Information System, Prentice Hall, 8th edition, 2001. http://cw.prenhall.com/bookbind/pubbooks/mcleod2/chapter14/deluxe.html
3. Henry F. Korth, Abraham Silberschatz, Database System Concepts, Mc Graw Hill, 2nd edition, 1995.
4. http://tiwen.ej.am/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=58

Tidak ada komentar:

Posting Komentar